Posted by : Unknown Selasa, 17 Februari 2015

Nihon Keizai Shinbun
Indonesia kembali menjadi sorotan, kali ini menyangkut sampah yang dihasilkan pertahun terutama sampah 

plastik.Diberitakan di Nihon Kezai Shinbun (Koran Ekonomi Jepang) Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik kedua terbanyak yang mengotori laut di dunia. China menempati posisi pertama dengan total sampah plastik sebanyak 1.320.000-3.530.000 ton yang mengotori laut,lalu Indonesia yang mengotori sebanyak 480.000-1.290.000 ton sampah plastik, disusul berturut-turut Filipina, Vietnam dan Srilangka.
Hal ini mengingatkan saya pada suatu pengalaman tentang sampah disini,

Suatu hari saya sedang bersepeda santai dan karena tenggorokan terasa haus, sayapun mampir ke kombini untuk beli air minum. Di jalan minuman saya sudah habis dan karena keadaan jalan sepi maka saya buang saja di jalan, saya lempar agak menjauh dari jalan (kebiasaan buruk yang terbawa).

Seminggu kemudian saya lewat jalan yang sama, kaleng minuman nya masih ada disitu, minggu kedua lewat lagi juga masih ada, minggu ketiga ketika saya lewat disitu lagi ternyata masih ada lagi, akhirnya dengan perasaan sedikit bersalah saya pungut lagi sampah itu dan saya buang di kombini terdekat (Oke Jepang, lo menang!!).

Cerita yang lain,

Waktu lagi bersepeda santai saya melihat ada seorang pemuda juga sedang berjalan-jalan bersama anjingnya. Tiba-tiba orang itu ke tempat agak sepi dan dengan rasa penasaran saya amati orang itu,eh... ternyata anjingnya mau pup ( mimpi apa mengamati anjing pup??  -__-" ).

Yang membuat saya kaget, orang itu mengeluarkan sebuah kantong plastik lalu dipungutlah pup anjingnya, dan dengan santainya dia menaruhnya di saku jaketnya. *dalam hati (OMG??!!,gimana kalau saya salaman sama orang itu?? (._. ) ).

Oke, jadi kesimpulannya ada atau tidak ada tempat sampah umum yang namanya sampah harus di buang pada tempatnya, walaupun kita harus membawanya bersama kita.

Karena yang namanya sampah jika setiap satu orang ini membuangnya sembarangan maka yang terjadi disamping menjadi kotor, tidak sedap dipandang juga mengakibatkan banjir dan juga kontaminasi terhadap alam.

Coba bayangkan jika setiap sampah itu terkumpul hari demi hari, atau kalau ingin bisa dibuat riset tentang sampah yang dibuang sembarangan.

Ga mau banjir terus2an kan?
Biasakan buang sampah ditempatnya ya~

*note : tempat sampah umum di Jepang itu hampir ga ada, hanya ada di kombini (minimarket), stasiun dan tempat2 tertentu yang menyediakan.

Bayu Satria

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

- Copyright © Bayu no SEKAI -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Firdaus Wibowo